Bawa Pelayanan Gratis, Bupati Samosir Disambut Antusias Masyarakat Desa Sijambur

Tokoh dan masyarakat Sijambur Kecamatan Ronggurnihuta, menyambut antusias kehadiran Bupati Samosir dalam rangka berkantor di desa tersebut, Kamis (19/10/2023).

topmetro.news – Tokoh dan masyarakat Sijambur Kecamatan Ronggurnihuta, menyambut antusias kehadiran Bupati Samosir dalam rangka berkantor di desa tersebut, Kamis (19/10/2023).

Turut hadir anggota DPRD Samosir antara lain Jonner Simbolon, Saurtua Silalahi, Marco Simbolon, Polma Gurning, Nasib Simbolon. Ada juga Staf Ahli Bupati Rudi SM Siahaan, Hut Isasar Simbolon. Kemudian, Asisten II Hotraja Sitanggang, Asisten III Waston Simbolon, pimpinan OPD. Serta Camat Ronggurnihuta Bresma Simbolon dan TBPP.

Selain membawa pelayanan gratis dan penyerahan berbagai bantuan, Bupati Samosir mengatakan Program Bunga Desa untuk bertemu dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Banyak pelayanan yang kami bawa dan seluruhnya gratis,” kata Vandiko.

Dalam kesempatan itu, Bupati memberikan bantuan pertanian berupa pupuk organik cair. Ini sebagai perangsang agar kelompok tani mau belajar membuat pupuk organik.

Mengatasi keterbatasan pupuk kimia bersubsidi, Pemkab Samosir memberikan pelatihan kepada kelompok tani. Selain itu, Vandiko menyampaikan bahwa Pemkab Samosir akan membantu sertifikasi pupuk organik produksi petani. Sehingga petani bisa menjualnya untuk meningkatkan ekonomi.

Menanggapi permintaan masyarakat, Vandiko Gultom menyampaikan seluruh usulan sudah tercatat. Beberapa usulan tersebut yaitu, mesin pemeras madu elektronik dan mesin pengurang kadar air madu.

Untuk perbaikan infrastruktur jalan sedang berlangsung dari Simpang Salaon Dolok – Sijambur sepanjang 1,25 km. Akan berlanjut pada tahun 2024 sepanjang 2,5 km, sehingga panjang jalan yang akan dikerjakan sepanjang jadi 3,7 km.

Tak luput Bupati mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD yang hadir. Dan berharap dapat merealisasikan kebutuhan masyarakat secara bersama-sama.

Bupati memberikan tambahan anggaran pembangunan dari APBD sebesar Rp100 juta untuk pembangunan Desa Wisata di Lumban Pokki.

Terealisasi

Kades Judiman Naibaho menyebutkan beberapa usulan yang menjadi kebutuhan masyarakat sudah terealisasi dan ada yang sedang berjalan. Antara lain sirtunisasi jalan Lumban Sinurat – Lumban Dolok Dusun Matahari sepanjang 250 meter. Pembukaan jalan Simataniari – Lumban Timbul sepanjang 987 meter. Kemudian, pembukaan jalan Lumban Hasahatan – Sibargot sepanjang 875 meter. Pembukaan jalan Tapian Nauli – Lumban Naibaho sepanjang 1.200 meter. Juga ada pembuatan beberapa embung, yaitu Embung Hutabaru, Lumban Pokki, dan Simataniari.

Kata Judiman, masyarakat masih mengharapkan perhatian Bupati dan DPRD untuk memenuhi kebutuhan yang belum terlayani.

Tokoh masyarakat, Karben Sinaga, menambahkan soal perbaikan jembatan kayu, perbaikan jalan dusun per dusun. “Sejujurnya kunjungan Bapak Bupati membawa dampak positif secara langsung,” kata Karben.

Anggota DPRD Jonner Simbolon mengatakan sebagai wakil rakyat memberikan dukungan penuh kepada Bupati dan seluruh jajaran dalam Program Bunga Desa. “Kegiatan yang betul-betul terbuka dari kalangan pemerintah kepada masyarakat,” kata Jonner seraya mengusulkan adanya penangkaran bibit di Desa Sijambur.

Untuk memastikan pelayanan berjalan baik, Bupati Samosir mengunjungi pos-pos pelayanan. Berbagai pelayanan gratis diselesaikan dalam satu hari dan diserahkan langsung oleh Bupati Samosir.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment